5 Protokol Menginap Di Hotel Saat New Normal

Travelling? Mungkin kegiatan ini yang akhir-akhir sangat diidamkan oleh mayoritas masyarakat Indonesia saat ini. Bagaimana tidak? Sudah kurang lebih 3 bulan masyarakat Indonesia hanya berdiam diri di rumah dikarenakan pandemi Covid-19 dan juga kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Banyak waktu yang hanya dihabiskan dengan kegiatan di rumah, dan bagi sebagian orang hal ini membuat jenuh dan ingin refreshing.

Namun sekarang Indonesia mulai bersiap menyambut fase new normal di tengah pandemi virus corona yang terus menginfeksi jutaan orang di dunia. Berbagai langkah menyambut era new normal pasca pandemi Covid-19 kini mulai dipersiapkan. Salah satunya Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Repulik Indonesia merilis “Pedoman Layanan Hotel untuk Tamu Selama Masa Pandemi COVID-19”.

Secara umum pedoman diatas tertuju untuk pegelola hotel dan restoran. Namun demikian sebagai tamu ada pula hal-hal yang dianjurkan untuk para tamu sebagai bentuk pencegahan. Berikut pedoman untuk menginap di hotel selama masa pandemi COVID-19 untuk para tamu hotel:

1. Pedoman Check In

  • Sebelum memasuki hotel, petugas akan melakukan pengecekan suhu tubuh dan jika suhu tubuh melebihi 37,5 °C, segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terlebih dahulu.
  • Pada saat melakukan check in, tamu wajib menggunakan masker serta melakukan social distancing dengan tamu lainnya bila terdapat tamu lain yang juga melakukan check in. Meja resepsionis wajib menyediakan hand sanitizer yang bisa anda gunakan untuk membersihkan tangan.
  • Pada saat proses check in, pastikan anda memberikan data selengkap dan sebenar-benarnya termasuk riwayat berpergian ke luar negeri atau memiliki riwata kontak dengan orang yang didiagnosis dengan COVID-19 dalam kurun waktu 14 hari.

2. Pedoman Kebersihan Diri

  • Selama menginap di hotel lakukanlah pengecekan suhu badan secara teratur dan selalu gunakan masker selama berada di dalam lingkungan hotel. Jika batuk atau bersin, tutuplah menggunakan tissue dan segera buang tissue ke tempat sampah.
  • Jagalah kebersihan diri dengan baik termasuk mencuci tangan selama minimal 20 detik menggunakan sabun dan air sebelum dan sesudah makan ataupun setelah bersentuhkan dengan permukaan yang kotor atau setelah menggunakan toilet. Hindari menyentuh wajah, mata, dan mulut sebelum mencuci tangan.
  • Jangan lupakan juga kebersihan hotel dengan selalu menyiram tangki setelah menggunakan toilet. Biasakan juga secara mandiri dan berkala untuk mencuci toilet menggunakan cairan desinfektan sesuai standar yang bisa diminta kepada petugas hotel.

3. Pedoman Restoran

  • Selama masa pandemi, fasilitas restoran di hotel tetap beroperasi sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku selama masa pandemi COVID-19. Namun, tamu disarankan untuk melakukan pemesanan takeaway.

4. Pedoman Transportasi

  • Selain restoran, fasilitas atau layanan lain dari hotel yang masih beroperasi adalah transportasi. Semau penumpang atau tamu yang akan menggunakan jasa transportasi wajib untuk menggunakan masker serta diperiksa suhu tubuh dan juga menggunakan hand sanitizer yang telah disediakan dan wajib menjaga jarak (social distancing). Jagalah kebersihan kendaraan selama menggunakan jasa transportasi.

5. Pedoman Umum Lainnya

  • Selama menginap di hotel, hindari untuk melakukan pertemuan yang melibatkan banyak orang baik di kamar ataupun di area umum.
  • Selalu terapkan social distancing selama berada dilingkungan hotel baik dengan tamu-tamu hotel lain ataupun petugas hotel.
  • Bersihkanlah tangan dengan menggunakan hand sanitizer yang disediakan di beberapa titik di hotel setelah bersentuhan dengan permukaan benda yang sering bersentuhan dengan tamu lain seperti tombol lift, gagang pintu, dan sejenisnya.
  • Hindari beraktivitas di area umum dan jangan ragu untuk mengingatkan petugas hotel yang terlihat tidak mengenakan masker saat tengah bertugas atau berada di dalam kawasan hotel.
5 Protokol Menginap Di Hotel Saat New Normal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hallo ada yang bisa kami bantu?